Senin, 24 Oktober 2011

0 M. Lutfie Noor Kades Mutih Wetan Demak, “Nawaitu” Untuk Majukan Desanya




Demak –   Desa Mutih Wetan Kecamatan Wedung kabupaten Demak saat ini mulai berbenah diri , dalam berbagai hal . Baik dari segi tata pemerintahan , pembangunan diberbagai bidang sampai dengan peningkatan ekonomi masyarakat. Berbagai proyek telah dikerjakan baik dari  dana ADD ( Alokasi Dana Desa ) , PNPM Mandiri Perdesaan , APBD kabupaten sampai dengan dana dari pemerintah Provinsi . Semua itu ditujukan agar kondisi desa dalam berbagai hal mengalami peningkatan dari waktu yang lalu yang stagnan karena masalah intern yang kini mulai dapat diurai dengan baik.
“ Alhamdulillah setelah kami memimpin desa ini dua tahunan , kondisi desa menjadi kondusif  sehingga masyarakat sudah mulai bisa diajak komunikasi dengan baik . Sehingga berbagai proyek bisa kami laksanakan dengan baik itu semua berkat peran serta masyarakat desa Ini . Ke depannya saya terus berjuang agar desa ini bisa selangkah lebih maju lagi bisa sejajar dengan desa yang lain”, tutur M. Lutfie Noor Kepala Desa Mutih Wetan pada Kabarseputarmuria yang menemui di rumahnya Jum’at (21/10/2011).
ADD 2011 untuk diantantaranya untuk bangun gorong-gorong
M. Lutfie Noor memaparkan , seusai dia dilantik menjadi Kepala Desa Mutih Wetan oleh Bupati Demak Drs. Tafta Zani, MM dia langsung berkoordinasi dengan tokoh masyarakat dengan cara menangani permasalahan yang timbul sebelumnya . Setelah selesai barulah dia memetakan rencana apa yang akan dilakukan agar desa yang ia pimpin kembali kondusif , sehingga warganya bisa diajak kerja sama untuk membangun desa. Badan Permusyawaran Desa ia fungsikan betul-betul dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat dalam berbagai hal . Usulan atau aspirasi masyarakat kemudian dimusyawarahkan bersama –sama untuk menentukan skala prioritas yang harus dilaksanakan sesuai dengan Rencana Jangka Pendek, Rencana Jangka Menengah dan juga Rencana Jangka Panjang .
“ Dengan bantuan LKMD kami telah menyelesaikan berbagai proyek pembangunan , diantaranya pembuatan Gorong-gorong, Jembatan pertanian , Jalan pertanian , Cek Dam yang terakhir ini adalah pembuatan lapangan sepak bola untuk para remaja di desa Mutih Wetan “, ujar M. Lutfie Noor.
Jalan Beton
Selain itu dalam setiap kesempatan dia  selalu mengusulkan dan menindaklanjutinya dengan pembuatan proposal yang  tujukan untuk kesejahteran masyarakat desanya  . Diantara peningkatan ekonomi masyarakat petani yang terealisasi lewat  proyek pengerukan kali Ketegang dan Kali Jaringan yang masing-masing panjangnya mencapai 1,5 kilometer. Dua kali tersebut bagi masyarakat petani di desanya cukup vital dalam rangka penyediaan air untuk pengairan sawah  , selain itu juga bisa dijadikan sebagai sarana transportasi pengangkutan hasil pertanian dengan mengunakan perahu. Selain dua kali tersebut secara bertahap akan dilanjutkan kali atau sungai yang lain yang kondisinya sudah dangkal yang cukup mengganggu usaha para petani.
Masalah penyediaan air bersih bagi warganya juga menjadi garapan selanjutnya , karena saat ini warga desanya masih menggantungkan air bersih dari daerah Jepara . Padahal sungai yang melewati desanya cukup potensial sebagai air baku penyediaan air bersih berbasis masyarakat (PAMSIMAS) . Oleh karena itu pada tahun 2012 yang akan datang fihaknya juga akan mengajukan proposal pada pemerintah agar desanya mendapatkan proyek PAMSIMAS seperti dua desa tetangga Jungpasir dan juga Tedunan. Dengan adanya PAMSIMAS tersebut pola hidup sehat akan terlaksana pada warganya , karena dirumah masing-masing warga sudah tersedia air bersih . Kebiasaan untuk MCK di sungai-sungai akan terkurangi sedikit dari sedikit , karena dirumah masing –masing warga sudah ada WC atau jamban keluarga.
“ Itu salah satu tantangan yang saya hadapi sebagai Kepala Desa , namun dengan tantangan itu saya tidak takut karena itu semua demi kesejahteraan warga desa saya . Oleh karena itu setiap waktu saya terus belajar dengan Kepala Desa yang lain yang desanya mengalami kemajuan , saya ingin desa yang saya pimpin juga terus maju dalam berbagai bidang”, ujar M. Lutfie Nor menutup sua. (FM)
okebloog.blogspot.com

About the Author

I'm Dilipkumar, the founder of Wordpresstoblogger.info. This blogger Template was made by me, if you like it Subscribe to Our Feed and Follow Me on Twitter Wptoblogger

    Other Recommended Posts

  • info sekitar kita

0 komentar:

Posting Komentar

 
back to top